Beberapa fakta unik tentang Doa Rosario, yang harus kita tahu

fakta doa rosario yang harus kita tahu
Fakta-fakta unik tentang doa Rosario
Quote Amor - Rosario merupakan devosi yang dicintai oleh banyak orang, tidak hanya orang katolik tetapi juga beberapa denominasi Kristen Protestan melakukan dovosi kepada Bunda Maria. Hal tersebut merupakan sebuah bentuk penghayatan iman yang lahir dari pengalaman eksistensial.

Orang sungguh merasakan berkat dan bantuan Bunda Maria dalam mengatasi persoalan hidup dan juga menjawab kerinduan mereka. Oleh karena itu pada kesempatan ini, saya ingin membagikan beberapa fakta unik tentang doa Rosario. Kita mungkin belum mengetahui fakta-fakta unik ini dan semoga fakta-fakta unik tentang doa Rosario ini dapat membantu dalam untuk meningkatkan penghayatan iman kepada Tuhan. Fakta-fakta unik tersebut, sebagai berikut.

1. Manik-manik Rosario mengandung lima misteri

Manik-manik (Buliran) yang ada dalam Rosario membantu umat beriman untuk mengingat empat peristiwa utama yang dialami Maria dalam mendampingi Yesus Putranya. Peristiwa-peristiwa itu diawali dengan peristiwa Gembira.

Maria menerima kabar dari malaikat Gabriel tentang kelahiran Kristus. Peristiwa sedih. Maria menyaksikan penderitaan Yesus sampai di kayu salib. Peristiwa mulia, Yesus bangkit dari Kubur, Ia mengalahkan maut. Dan terakhir, peristiwa terang, Yesus menyerukan pertobatan. Bersama peristiwa-peristiwa ini, kita merenungkan lima luka Yesus yang menjadi sumber Rahmat yang dibagikan Roh Kudus.

2. Rosario sudah ada sejak abad ketiga

Kalung Rosario sudah digunakan sejak abad ke-3 oleh para biarawan/biarawati Timur. Rosario dikembangkan dan disesuaikan dengan perkembangan saat itu.

Adapun Rosario baru digunakan Gereja Katolik pada abad ke-12. Semua itu berkat ketekunan Santo Dominikus. Ia yang telah menerima pesan dari Bunda Maria, mewartakan tentang kekuatan doa Rosario ini. Santo Dominikus juga yang menjadi tokoh penting penyebaran devosi indah ini ke berbagai wilayah kala itu.

3. Rosario sebagai Makhota Mawar

Rosario berasal dari kata Bahasa Latin, rosarium, yang berarti mahkota mawar. Tentunya ini memiliki makna yang sangat mendalam.

Mahkota mawar diartikan sebagai untaian kalung Rosario yang merupakan sebuah kalung mawar. Saat berdoa Rosario, kita diibaratkan dengan orang yang sedang berjalan di sebuah taman bunga mawar yang indah milik Bunda Maria.

4. Penampakan Bunda Maria di Fatima

Gereja Katolik secara khusus mencatat bahwa penampakan Bunda Maria di Fatima (Portugal) telah ikut memengaruhi perkembangan doa Rosario. Peristiwa iman ini terjadi sebanyak 6 kali kepada tiga anak dari Fatima yakni Lucia de Jesus, Francisco dan Jacinta Marto.

Bunda Maria berpesan kepada ketiganya untuk memberitahukan kepada seluruh dunia agar selalu berdoa Rosario. Doa Rosario, pesan Bunda Maria, adalah senjata ampuh melawan kuasa iblis dan kegelapan. Peristiwa penampakan ini membuat doa Rosario menjadi popular dalam sejarah Gereja Katolik.

5. Paus Rosario

Mendiang Paus Leo XIII (1878-1903) dikenal sebagai Paus Rosario atau The Rosary Pope. Gelar ini diberikan karena sumbangsihnya yang besar dalam mendorong penyebaran Rosario ke seluruh dunia.

Tak hanya Paus Leo XIII, mendiang Paus Yohanes Paulus II juga dikenal sebagai paus yang sangat mencintai doa Rosario. Paus asal Polandia ini selalu mendorong umat Katolik di seluruh dunia untuk tekun berdoa Rosario demi keselamatan dan perdamaian dunia.

6. Peristiwa Terang

Sebelumnya, doa Rosario hanya terdiri dari 3 peristiwa yakni Peristiwa Gembira, Mulia dan Sedih. Namun pada Oktober 2002 melalui Surat Apostolik Rosarium Virginis Mariae yang dikeluarkan Vatikan, Paus Yohanes Paulus II menambahkan Peristiwa Terang ke dalam devosi ini. Penambahan Peristiwa Terang semakin memperkaya doa Rosario.

7. Doa Alkitab

Doa Rosario merupakan doa alkitabiah, yang berdasarkan peristiwa iman di dalam Alkitab. Melalui doa Rosario, umat Katolik merenungkan perjalanan kehidupan Yesus Kristus dan Bunda Maria. Berdoa Rosario secara tidak langsung, kita ikut merenungkan peristiwa hidup Yesus dan Bunda Maria dalam Perjanjian Baru dan mendalami karya-karya keselamatan Kristus.

Demikian ulasan tentang fakta-fakta unik doa Rosario. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Pace e Bene. (A/D)

Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel