Sepeda Onthel Kota Tua: Daya Tarik para Pengunjung

Seorang sedang bermain sepeda Onthel dengan anaknya di halaman Museum Fatahillah, Foto Albertus Dino
Quote Amor - Kota Tua mempunyai beragam wisata yang disajikan kepada para pengunjung.  Tidak hanya wisata sejarah , tetapi juga para pengunjung akan menikmati sensasinya naik sepeda Onthel  yang berwarnai-warni.  Kehadiran sepeda Onthel ini memberikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung  karena bentuk dari sepeda-sepda itu sangat unik. Selain itu juga setiap pengunjung yang menggunakan sepeda itu akan diberikan topi bundar atau topi tentara yang dibuat sangat unik sehingga menciptakan suatu rasa elegan dan cantik bagi para pemakainya.
Setiap hari, kota Tua tidak pernah sepih dari kunjungan wisatawan. Hal itu nampak pada suasana kota Tua yang selalu dipadati oleh para pengunjung. Setiap pengunjung akan menikmati kuliner-kuliner khas Betawi yang dijual sepanjang jalan menuju kota Tua.  Saya sendiri sungguh  menikmati keindahan kota Tua. ketika saya bersama teman saya sampai di halaman kota Tua, di depan museum Fatahillah dan museum Wayang, saya menyaksikan begitu banyak pengunjung memandati halaman tersebut, ada yang datang bersama kekasihnya, bersama keluarganya dan dengan teman-temannya.

Di halaman yang luas itu, penyedia sepeda onthel menanti kehadiran para pengunjung  yang mau menyewa sepeda-sepda mereka . Harganya cukup murah, satu sepeda akan disewa 20  ribu rupiah untuk 30 menit. Banyak pengunjung  yang ingin merasakan naik sepeda Onthel itu sehingga para penggunjung juga harus sabar menunggu gilirannya karena antriannya sangat panjang. Saya bersama teman saya duduk di sudut museum Fatahila menyaksikan keindahan warna yang diciptakan para pengunjung. Ada yang bersepeda bersama kekasihnya sambil bermereaan, dan juga para ibu bersama anak-anaknya. Tertawa bersama, karena kelucuan yang diciptakan mereka ketika bersepeda. Saya menikmati dan mengabadikan momen-momen tersebut dengan kamera Canon.
Sepeda-sepeda itu direbut oleh para pengunjung karena keunikkannya, yang sangat berbeda dengan sepda yang lain. Selain itu juga mungkin karena sepeda onthel sudah sangat langkah di Jakarta. Hal itu diungkapkan oleh teman saya. Dia mengatakan bahwa sepeda onthel itu sangat unik dan menarik untuk dicoba, karena sepeda ini merupakan alat transportasi yang sangat familiar di jaman Belanda. Pada lagi kota Tua merupakan  pusat pemerintaahn Belanda pada zaman penjajahan sehingga ketika naik sepeda Onthel, orang bisa merasakan kehidupan di jaman penjajahan Belanda.
Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel