Buddha Theravada

Buddha Therasvada
Quote Amor - Theravada merupakan nama umum yang dikenal bagi ajaran Buddhisme awal pada masa raja Asoka di India Selatan, Sri Langka, Thailand, Burma dll. Kitab suci mereka ditulis dalam bahasa Pali, bahasa yang dipakai untuk ajaran Theravada. Tujuan ajaran ini adalah untuk mencapai tingkat Arhat atau Arhant. Ajaran Theravada mengikuti Sutra-sutra Agama. Secara umum ajaran ini menganggap bahwa diri adalah tanpa inti; hanya dharmas yang nyata (real) dan tujuan akhirnya adalah Nibbana, yakni peleburan dan pengapusan dosa.

Dalam ajaran Theravada sangat menekankan kebebasan pribadi. Artinya bahwa untuk mencapai iluminasi, orang harus menjadi Buddhis. Karena itu Theravada tidak mengakui Buddha Amitabba, Boddhisattva Avalokitesvara (KwanYin), dll. Sebab aliran Theravada hanya percaya kepada Sakyamuni Buddha dan yang lainnya ditolak. Theravada lebih menekankan pada Buddha sejarah serta ajaran-ajaran awalnya.

Dalam Buddhisme Theravada terdapat dua aliran yang sangat penting. Kedua aliran tersebut adalah, pertama Vaibhasika. Aliran ini mengatakan bahwa realitas adalah objek jasmani dan batin. Substansi benda-benda memiliki eksistensi tetap di masa lampau, sekarang dan masa yang akan datang. Mereka berargumen bahwa objek eksternal diketahui secara langsung melalui persepsi dan bukan melalui penyimpulan.dari sini kita bisa tahu bahwa objek eksternal harus ada, karena tidak aka nada persepsi tanpa objek persepsi.

Karena itu aliran Vaibhasika meyakini teori realism langsung yang dualistis. Kedua Saurantika. Aliran ii juga mengatakan bahwa realitas adalah objek jasmani dan batin tetapi kita tidak memiliki persepsi langsung akan objek eksternal. Apa yang kita persepsi langsung adalah ide-ide yang merupakan bukan objek real namun hanya tiruan saja. Menurut aliran ini, persepsi objek eksternal tergantung pada empat hal, yaitu objek jasmani, pikiran subjektif, indera dan kondisi-kondisi pendukung lainnya. (A/D)
Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel